artmd.net memberikan beberap artikel menarik.

Rabu, 17 November 2021

Mengenal Oli Samping dan Fungsinya untuk Motor Mesin 2 Tak


Pada umumnya di Indonesia ada dua jenis mesin pada kendaraan bermotor, yakni mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Sama seperti motor pada umumnya, motor 2 tak juga menggunakan oli mesin. Perbedaannya adalah motor 2 tak memiliki oli tambahan yakni oli samping. Salah satu komponen motor 2 tak yang harus menjadi perhatian yaitu oli samping. Tanpa oli samping, mesin motor 2 tak tidak dapat bekerja sempurna. Jika Anda masih bingung mencari oli untuk motor mesin 2 tak Anda, Anda bisa memilih oli samping terbaik dari IdemitsuAda beberapa fungsi oli samping untuk motor mesin 2 tak, mari disimak penjelasan di bawah ini!

 

Mengenal Oli Samping dan Fungsinya untuk Motor Mesin 2 Tak

  1. Fungsi pelumasan. Yang pertama adalah sebagai fungsi pelumasan. Oli samping bekerja langsung masuk ke dalam silinder dan kepala silinder dari mesin 2 tak. Fungsi utamanya yakni memberikan pelumasan di bagian silinder. Hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh oli mesin biasa. Seperti yang diketahui secara umum, mesin terutama bagian silinder merupakan komponen dengan gesekan yang sangat cepat serta kuat dan dilakukan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan gesekan yang terjadi pada silinder diperlukan pelumasan yang optimal.

 

  1. Menjaga agar bagian silinder dan head agar performanya terjaga. Fungsi oli samping pada mesin 2 tak selanjutnya adalah menjaga performa bagian silinder dan juga head-nya. Silinder dan head membutuhkan pelumasan yang optimal, sehingga piston atau seher tidak mengalami kemacetan yang tentu saja akan mengganggu performa dari mesin 2 tak tersebut. Jangan disepelekan karena jika performa mesin terganggu, maka saat Anda berkendara di jalanan juga bisa terganggu.

 

  1. Mencegah kerusakan pada bagian silinder dan head. Tidak hanya menjaga performa silinder dan head, fungsi oli samping 2 tak adalah mencegah kerusakan yang akan timbul. Perlu dicatat bahwa kehabisan oli samping akan berakibat fatal. Jika mesin 2 tak bekerja tanpa menggunakan oli samping, maka sudah tentu akan menghancurkan bagian silinder, seperti baretnya bagian dinding silinder dan ring piston yang aus. Oleh sebab itu, jangan sepelekan penggunaan oli samping. Kemudian Anda harus selalu ingat untuk memeriksa kadarnya serta penyetelannya agar tidak menyebabkan bagian-bagian mesin menjadi aus dan rusak.

 

  1. Fungsinya untuk performa mesin 2 tak. Seperti yang sudah disebutkan di atas, oli samping merupakan jenis oli yang bisa dilakukan penyetelan. Hal tersebut maksudnya adalah tingkat keborosan dari oli samping serta jenis oli samping yang digunakan bisa kita sesuaikan dengan aspek dan juga kebutuhan motor. Semakin baik kualitas oli samping serta semakin pas penyetelan jumlah oli samping yang ikut masuk kedalam silinder dan terbakar, sehingga performa dari mesin 2 tak bekerja menjadi semakin optimal.

 

            Selain keempat fungsi di atas, ternyata kualitas oli samping yang bagus juga akan mempengaruhi efek asap serta wangi yang keluar dari pipa knalpot. Jadi jangan asal-asalan ketika memilih oli samping, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar